Minggu, 10 Maret 2013

RPP Alqur'an Hadits berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan
:
MA. Nurul Falah
Mata Pelajaran
:
Al-Qur’an Hadits
Kelas / Semester
:
X / I
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)

A.    Standar kompetensi
5.      Memahami Ayat Al-Qur’an Tentang Manusia Dan Tugasnya Sebagai Hamba Allah Dan Kholifah Di Bumi.

B.     Kompetensi dasar
5.1  Mengartikan Al-Qur’an surat Al-mu’minun : 12-14, surat al-Nahl : 78, surat Al-Baqarah : 30, dan surat Az-zariyat : 56.
5.2  Menjelaskan Kandungan Al-Qur’an surat Al-mu’minun : 12-14, surat al-Nahl : 78, surat Al-Baqarah : 30, dan surat Az-zariyat : 56

C.    Tujuan Pembelajaran dan nilai karakter
1.      Tujuan pembelajaran
a.       Peserta didik dapat Membaca, mengartikan dan menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 12-14 tentang proses penciptaan manusia.
b.      Peserta didik dapat Membaca, mengartikan dan menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an surat Al-Nahl  ayat 78 tentang keadaan manusia ketika dalam kandungan.
c.       Peserta didik dapat Membaca, mengartikan dan menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 30 tentang tugas dan tujuan allah menciptakan manusia di bumi.
d.      Peserta didik dapat Membaca, mengartikan dan menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an surat Az-Zariyat  ayat 56 tentang tugas manusia sebagai hamba Allah.
2.      Nilai karakter
a.       Cerdas
b.      Kreatif
c.       Peduli social
d.      Cinta ilmu
e.       Religious
f.       Bertqwa
g.      Taat perintah Allah SWT









D.    Materi Pembelajaran
ôs)s9ur$oYø)n=yzz`»|¡SM}$#`ÏB7's#»n=ß`ÏiB&ûüÏÛÇÊËȧNèOçm»oYù=yèy_ZpxÿôÜçRÎû9#ts%&ûüÅ3¨BÇÊÌÈ¢OèO$uZø)n=yzspxÿôÜZ9$#Zps)n=tæ$uZø)n=ysùsps)n=yèø9$#ZptóôÒãB$uZø)n=ysùsptóôÒßJø9$#$VJ»sàÏã$tRöq|¡s3sùzO»sàÏèø9$#$VJøtm:¢OèOçm»tRù't±Sr&$¸)ù=yztyz#uä4x8u$t7tFsùª!$#ß`|¡ômr&tûüÉ)Î=»sƒø:$#ÇÊÍÈ
“dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. kemudian Kami jadikan Dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik”. (QS. Al-Mu’minun :12-14)

ª!$#urNä3y_t÷zr&.`ÏiBÈbqäÜç/öNä3ÏF»yg¨Bé&ŸwšcqßJn=÷ès?$\«øx©Ÿ@yèy_urãNä3s9yìôJ¡¡9$#t»|Áö/F{$#urnoyÏ«øùF{$#ur öNä3ª=yès9šcrãä3ô±s?ÇÐÑÈ
“dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”. (QS. An-Nahl :78)

 
øŒÎ)urtA$s%š/uÏps3Í´¯»n=yJù=Ï9ÎoTÎ)×@Ïã%y`ÎûÇÚöF{$#ZpxÿÎ=yz((#þqä9$s%ã@yèøgrBr&$pkŽÏù`tBßÅ¡øÿãƒ$pkŽÏùà7Ïÿó¡ouruä!$tBÏe$!$#ß`øtwUurßxÎm7|¡çRx8ÏôJpt¿2â¨Ïds)çRury7s9(tA$s%þÎoTÎ)ãNn=ôãr&$tBŸwtbqßJn=÷ès?ÇÌÉÈ
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (QS. Al-Baqarah : 30)

$tBuràMø)n=yz£`Ågø:$#}§RM}$#uržwÎ)Èbrßç7÷èuÏ9ÇÎÏÈ
“dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”. (QS. Adz- Dzariyat : 56)

 
 



































E.     Metode Pembelajaran dan Strategi pembelajaran
1.      Meteode pembelajaran :
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Drill

2.      Strategi Pembelajaran :
a.       CTL (Contextual Teaching Learning)
b.      Cooperative learning
F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan (10 menit)
·         Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah dan berdo’a.
·         Membaca ayat Alquran selama lima menit.
·         Mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar siswa.
·         Melakukan apersepsi dengan bertanya kepada siswa tentang pengertian manusia, tugas manusia,dan  pengertian kholifah.
·         Menjelaskan materi yang akan diajarkan dan menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
·         Motivasi:
-          Apakah Kalian sudah membiasakan diri membaca al-Qur’an (tadarus)?
-          Peserta didik diminta untuk berpikir sejenak tentang tadarus al-Qur’an, lalu ditanya: “Apakah Kalian faham akan maksud ayat yang kalian biasa baca setiap hari?
-          Menjelaskan materi yang akan diajarkan dan menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

2.      Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi :(15 menit)
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang bagaimana proses penciptaan manusia dan bagaimana hahikat penciptaan manusia.
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang QS. Al-Mu’minun ayat 12-14.
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang QS. An-Nahl ayat 78.
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang QS. Al-Baqarah ayat 30.
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang QS. Adz-dzariyat ayat 56.

b.      Elaborasi : (40 menit)
·         Peserta didik dibagi kedalam 4 (empat) kelompok.
·         Masing-masing kelompok diberikan materi yang berbeda.
·         Tiap-tiap kelompok mendiskusikan materi yang telah diberikan, setelah selesai berdiskusi di persentasikan di depan kelas.
·         Masing-masing kelompok menulis, membaca dan mengartikan serta menjelaskan kandungan surat yang telah ditentukan.
·         Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan komentar dan bertanya terhadap materi yang telah di sampaikan oleh kelompok.
·         Guru memberikan reward kepada Peserta didik atau kelompok yang paling baik.

c.       Konfirmasi :(10 menit)
·         Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik terkait materi ajar.
·         Pesera didik menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan guru.

3.      Penutup (5 menit)
·         Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas.
·         Penilaian singkat
·         Refleksi: Peserta didik diajak untuk berpikir dan merenungkan arti pentingnya memahami kandungan Al-Qur’an surat Al-Mu’minun : 12-14, An-Nahl : 78, Al-Baqarah : 30, Adz-Zariyat : 56.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari menerapkan perilaku sebagai hamba allah dan kholifah di bumi.
·         Memberi tugas kepada Peserta didik secara klasikal membaca Al-Quran surah Al-Mu’minun ayat 12-14 dan surat An-Nahl ayat 78.
·         Siswa bersama-sama Berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

G.    Media dan Sumber Pembelajar
1.      Media pembelajaran :
a.       Papan Tulis
b.      Kapur Tulis
2.      Sumber Pembelajaran
a.       Al-Qur’an dan terjemahannya. “ Yayasan Penyelenggara, Penterjemah Al-Qur’an, lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an. 2010. Al-Qur’an dan terjemah. CV. Penerbit Diponegoro. Bandung
b.      Buku paket Al-Qur’an hadits “ Lilis Fauziah dan Andi Setiawan. 2008. Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits. PT. Serangkai Pustaka Mandiri. Solo”
c.       Buku Fitrah SMA/MA  Al-Qur’an Hadits.
d.      Buku-buku lainnya yang relevan.

H.    Penilaian
1.      Indikator
5.1.1 mengartikan perkata ayat Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 12-14, surat An-Nahl ayat 78, surat Al-Baqarah ayat 30, dan surat Adz-Zariyat ayat 56.
5.1.2 mengartikan secara keseluruhan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan materi ajar
5.1.3 menjelaskan makna dari mausia sebagai kholifah.

2.      Teknik Penilaian
a. Unjuk kerja
b.Tes lisan

3.      Bentuk Penilaian
a.       Tes Kinerja
b.      Daftar Pertanyaan

4.      Contoh Instrumen
1.      Bacalah Al-Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 12-14 dengan tartil dan benar dan artikan!
2.      Bacalah Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 78 dengan tartil dan benar !
3.      jelaskan Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 30 dengan tartil dan benar !
4.      Apa kandungan ayat Al-Qur’an surat Adz-Dzariat ayat 56 ?
5.      Apa maksud dari Al-Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 12-14, An-Nahl ayat 78, Al-Baqarah ayat 30, dan azzariyat 56?

LEMBAR PENILAIAN/PENGAMATAN
KEGIATAN DISKUSI SISWA

Mata Pelajaran
: Al-Qur’an Hadits



Kelas / Semester
: X / I





Tahun Pelajaran
: 2012 / 2013


















No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Ketuntasan
Tindak Lanjut
A
B
C
D
E
Skor
Nilai
T
TT
R
P
1












2












3












4













Keterangan
: A. Kemampuan Mengemukakan Pendapat;
  B. Keberanian BertanyaD. Kerjasama


: C. Keberanian Menjawab;  E. Penguasaan Materi
Pedoman Penilaian
  •             Skor Perolehan
    Nilai    =  -----------------------  X 100
                      Skor Maksimal (15)

     
    Setiap Indikator diberi bobot :
Skor 1 = Kurang
Skor 2 = Cukup
Skor 3 = Baik
  • Pengolahan Nilai                     :


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan
:
MA. Nurul Falah
Mata Pelajaran
:
Al-Qur’an Hadits
Kelas / Semester
:
X / I
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
5.      Memahami Ayat Al-Qur’an Tentang Manusia Dan Tugasnya Sebagai Hamba Allah Dan Kholifah Di Bumi.
B.     Kompetensi Dasar
5.3  Menerapkan perilaku sebagai hamba Allah dan kholifah di bumi berdasarkan Al-Qur’an surat Al-mu’minun : 12-14, surat al-Nahl : 78, surat Al-Baqarah : 30, dan surat Az-zariyat : 56.
C.    Tujuan Pembelajaran dan nilai karakter
1.      Tujuan Pembelajaran :
a.       Peserta didik diharapkan mampu menunjukan perilaku sebagai hamba Allah dan kholifah di bumi seperti terkandung dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’minun :12-14, surat Al-Nahl : 78, surat Al-Baqarah : 30, surat Az-Zariyat : 56.
b.      Peserta didik diharapkan mampu menerapkan perilaku sebagai hamba Allah dan kholifah di bumi seperti terkandung dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’minun :12-14, surat Al-Nahl : 78, surat Al-Baqarah : 30, surat Az-Zariyat : 56
2.      Nilai Karakter :
a.       Religious
b.      Bertanggung jawab
c.       Bersyukur
d.      Taat kepada Allah SWT.

D.    Materi Pembelajaran
 
































E.     Metode Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran
1.      Metode Pembelajaran :
a.       Ceramah
b.      Tanya jawab
c.       Diskusi
d.      Drill
2.      Strategi Pembelajaran :
a.       Pendekatan QTL (Quantum Teaching Learning)

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan  (10 menit)
·         Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah dan berdo’a.
·         Membaca ayat Alquran selama lima menit.
·         Mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar siswa.
·         Melakukan apersepsi dengan meminta kepada salah seorang siswa untuk membacakan ayat Al-Qur’an surat Al-Mu’minun : 12-14, An-Nahl : 78, Al-Baqarah : 30, Adz-Zariyat : 56.
·         Motivasi:
-          Apakah Kalian sudah hafal surat Al-Mu’minun : 12-14, An-Nahl : 78, Al-Baqarah : 30, Adz-Zariyat : 56.
-          Peserta didik diminta untuk berpikir sejenak tentang tadarus al-Qur’an, lalu ditanya: “Apakah Kalian faham akan maksud ayat tersebut? Dan sudahkah kalian mengamalkannya?
-          Menjelaskan materi yang akan diajarkan dan menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.





2.      Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi :(15 menit)
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang bagaimana menerapkan kandungan surat Al-Mu’minun : 12-14.
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang bagaimana menerapkan kandungan surat An-Nahl : 78.
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang bagaimana menerapkan kandungan surat Al-Baqarah : 30.
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang bagaimana menerapkan kandungan surat Adz-Zariyat : 56.
b.      Elaborasi :(40 menit)
·         Guru menjelaskan tentang cara menerapkan kandungan surat Al-Mu’minun : 12-14, An-Nahl : 78, Al-Baqarah : 30, dan Adz-Zariyat : 56 dalam kehidupa sehari-hari.
·         Peserta didik mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru.
·         Peserta didik melakukan Tanya jawab dengan guru seputar materi yang disampaikan.
·         Peserta didik menyimpuklan cara menerapkan kandungan surat Al-Mu’minun : 12-14, An-Nahl : 78, Al-Baqarah : 30, dan Adz-Zariyat : 56 dalam kehidupa sehari-hari.
·         Peserta didik menerapkan cara menerapkan kandungan surat Al-Mu’minun : 12-14, An-Nahl : 78, Al-Baqarah : 30, dan Adz-Zariyat : 56 dalam kehidupa sehari-hari.
·         Guru memberikan reward bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan dengan tepat.
c.       Konfirmasi :(10 menit)
·         Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik terkait materi ajar.
·         Pesera didik menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan guru.
·         Guru memberikan tugas.

3.      Penutup (5 menit)
·         Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas.
·         Penilaian singkat
·         Refleksi: Peserta didik diajak untuk berpikir dan merenungkan arti pentingnya menerapkan perilaku yang sesuai dengan surat Al-Mu’minun : 12-14, An-Nahl : 78, Al-Baqarah : 30, Adz-Zariyat : 56.
·         Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya tentang memahami ayat Al-Quran tentang demokrasi.
·         Memberi tugas kepada Peserta didik secara klasikal membaca Al-Quran surah Ali Imran : 159 dan Asy-Syuara : 38.
·         Siswa bersama-sama Berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

G.    Alat / Sumber Belajar
1.      Media pembelajaran :
a.       Papan Tulis
b.      Kapur Tulis
2.      Sumber Pembelajaran
a.       Al-Qur’an dan terjemahannya. “ Yayasan Penyelenggara, Penterjemah Al-Qur’an, lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an. 2010. Al-Qur’an dan terjemah. CV. Penerbit Diponegoro. Bandung
b.      Buku paket Al-Qur’an hadits “ Lilis Fauziah dan Andi Setiawan. 2008. Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits. PT. Serangkai Pustaka Mandiri. Solo”
c.       Buku Fitrah SMA/MA  Al-Qur’an Hadits.
d.      Buku-buku lainnya yang relevan.

H.    Penilaian
1.      Indikator
5.3.1 menunjukan contoh perilaku manusia sebagai hamba Allah dan kholifah di bumi.
5.3.2 mempraktekan perilaku manusia sebagai hamba Allah dan kholifah di bumi.

2.      Teknik Penilaian
a. Tes tulis
b.Tes penugasan
c. Unjuk kerja

3.      Bentuk Penilaian
a. Essay
b.Pekerjaan rumah
c. Uji praktik kerja

4.      Contoh Instrumen
1.      Carilah ayat al-Quran yang berhubungan dengan penciptaan mansia !
2.      Jelaskan kandungan Al-Qur’an yang terdapat dalam surat Al-Hajj ayat 5 !
3.      Jelaskan tahap penciptaan manusia seperti yang dijelaskan Al-Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 12-14 !
4.      Adakah kolerasi antara tahap penciptaan manusia berdasarkan penjelasan Al-Qur’an denga teori evolusi darwin. Jelaskan pendapatmu !
LEMBAR PENILAIAN/PENGAMATAN
KEGIATAN DISKUSI SISWA

Mata Pelajaran
: Al-Qur’an Hadits



Kelas / Semester
: X / I





Tahun Pelajaran
: 2012 / 2013


















No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Ketuntasan
Tindak Lanjut
A
B
C
D
E
Skor
Nilai
T
TT
R
P
1












2












3













Keterangan
: A. Kemampuan Mengemukakan Pendapat;
  B. Keberanian Bertanya


: C. Keberanian Menjawab;  D. Kerjasama


: E. Penguasaan Materi



















Pedoman Penilaian
  •             Skor Perolehan
    Nilai    =  -----------------------  X 100
                      Skor Maksimal (15)

     
    Setiap Indikator diberi bobot :
Skor 1 = Kurang
Skor 2 = Cukup
Skor 3 = Baik
  • Pengolahan Nilai                     :

Penilaian tugas
LEMBAR PENILAIAN PROYEK








Mata Pelajaran
: Al-Qur’an Hadits




Nama Proyek
: Hasil Kajian/Diskusi
Kelas / Semester
:








Alokasi Waktu
: Satu Semester ( 2 kali Pertemuan)














No
Nama Siswa
Aspek penilaian Laporan
Jumlah
Ketuntasan
A
B
C


Skor
Nilai
T
TT
1










2










3










4










5










Keterangan :                                                                Pengolahan Nilai :
            Skor Perolehan
Nilai    =  -----------------------  X 100
                  Skor Maksimal (15)

 
 

A.    Pendahuluan
B.     Isi/Pembahasan/hasil kajian
C.     Kesimpulan / Penutup

Pedoman Penskoran :
Skor 3 = Baik, Skor 2 = Cukup baik, dan Skor 1 = Kurang Baik


1 komentar: